Tinggalkan Nostress, Tjok Bagus Luncurkan Single Perdana

Tjok Bagus, atau yang akrab disapa Cokgus, akan meluncurkan single yang berjudul “Ya Sudahlah” pada 20 Januari. Eks personil Nostress itu kini memilih jalan dan nasibnya sendiri untuk menguji pertarungan dan peruntungannya di rimba musik tanah air.

“Ya Sudahlah” hadir dengan tanpa basa-basi dan banyak narasi. Namun single ini cukup asyik untuk mengiringi saat-saat ngopi para pecinta musik folk dalam dan luar negeri.

“Berkarya dengan hati, mencoba memerdekakan diri sendiri,” seru Tjok Bagus ketika ditanya proses kreatifnya dalam penggarapan single ini.

Sebagai musisi, Tjok Bagus memang sangat identik dengan Nosstress, band yang dirintisnya sejak tahun 2008 lalu. Hingga pada November 2021, dia memutuskan untuk mundur dari band tersebut.

Keputusan Tjok meninggalkan Nosstress sungguh mengejutkan para penggemar band folk asal Bali ini. Mereka menyayangkan langkah yang diambil sang idola.

Bahkan akun sosmed pria yang handal menepak cajon ini dibanjiri komentar para penggemar. Kebanyakan mereka menyayangkan keputusan Tjok dan meminta agar Tjok mengurungkan niatnya.

Namun Tjok tetap memilih mengikuti kata hatinya. Memilih lepas dari Nosstress dan kembali berkarya karena pesan mendiang ibunya. Dia resmi mundur dari Nosstress yang sebetulnya kian berkembang itu.

Kali ini dia bertarung sendiri. Dia menggarap beberapa karya solo. Sampai saat ini, dia telah berhasil menciptakan lima lagu.

“Dengan karya solo saya ini, saya merasa lebih tenang dalam bermusik. Apa pun hasilnya nanti, saya senang bisa berkarya dengan tenang dan jujur kepada diri saya sendiri,” ujarnya.

“Ya Sudahlah” merupakan single perdana Tjok Bagus. Dalam penggarapannya, Tjok Bagus dibantu oleh beberapa kawan yang pasang badan untuk mendukung penuh karya-karya Tjok Bagus.

“Ya Sudahlah” menjadi karya senyatanya yang mengalir ke telinga pendengar. Agung Wiryawan, Bono Sony, dan Fendy Rizk adalah nama-nama musisi pendukung dalam single ini.

Deny Surya dan Fendy Rizk menjadi sound engineer dalam proses rekaman lagu ini. Mixing dan mastering juga dilakukan oleh Deny Surya di bawah naungan Lengkung Langit Studio. Artwork digarap oleh Kedux. Layout digarap oleh Arik Taplon. Layout gerak oleh Gus Karisma. Fotografer oleh Hendra.

Proses pembuatan lagu “Ya Sudahlah” banyak dilatarbelakangi oleh satu momen emosional yang dialami penciptanya, yaitu ketika hampir satu tahun Tjok Bagus merawat mendiang ibunya.

“Lagu ini saya persembahkan untuk ibu saya. Saya akan terus berusaha melunasi pesan-pesannya agar terus berkarya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.