AMANDA FEDORA Peduli Penderita Alzheimer

 And though the road is long 
 You’ll never be alone

Amanda Fedora kembali memanjakan penikmat musik Indonesia dengan lagu terbarunya, “Wanderer”. Inilah karya kedua pemusik muda ini setelah menggebrak blantika musik Indonesia dengan single debutnya, “Stormbreaker”.

Mengambil pendekatan yang berbeda dengan lagu sebelumnya, Amanda coba memberikan nuansa orkestra dalam “Wanderer”. Jangan kaget jika saat mendengarkan lagu ini, kita akan disambut gubahan musik yang sungguh megah, lengkap dengan orkestra.

“Saat menciptakan lagu ini, aku merasa lagu ini sangat teatrikal. Itulah kenapa akhirnya aku membuat lagu ini lengkap dengan orkestra dan aku selipkan sedikit nuansa seriosa di dalamnya,” ujar Amanda.

“Wanderer” memiliki pesan khusus yang mendalam. Menurut Amanda, cerita lagu ini dipetik dari pengalaman hidupnya sendiri. Khususnya apa yang dialami oma (nenek) Amanda.

Berpusat pada seseorang yang mengalami penyakit Alzheimer, “Wanderer” melukiskan bagaimana seorang anak merindukan sosok ibundanya yang telah berubah. Sang ibu dalam keadaan bingung dan sedang mencari jati diri akibat sakit yang dideritanya.

Lewat pengalaman hidupnya bersama sang oma yang menderita Alzheimer, Amanda menyadari musik bisa menjadi kunci untuk memasuki hati dan pikiran neneknya. Sejak itu, Amanda pun menjadi lebih dekat dengan sang oma.

Dalam proses produksi “Wanderer”, Amanda dibantu sejumlah teman mudanya. Mereka adalah Chikita sebagai produser musik, 16 musisi yang merupakan mahasiswa musik dalam cast live, serta Dio Setiawan sebagai produser video bersama tim Jendela. Hasil kerja keras Amanda dan teman-temannya itulah yang membuat “Wanderer” beserta video musiknya bisa tampil megah.

Untuk video musiknya, cerita berawal dari ide sederhana Amanda untuk dapat membedakan sudut pandang narator, yaitu sang ibu dan anaknya. Pembuatan video musik lagu ini melibatkan tiga lokasi perekaman: Concert Hall, Hutan, dan Rumah.

Lagu dengan tema seperti “Wanderer” tergolong jarang ditampilkan musisi. Amanda ingin mendedikasikan lagu ini kepada para penderita Alzheimer.

Lewat ALZI Indonesia, Amanda memberikan dukungan penuh kepada dedikasi para pembina dan anggota ALZI terhadap penderita Alzheimer. Dukungan juga diberikan kepada para caregiver.

Melalui “Wanderer”, Amanda berharap dapat meningkatkan kewaspadaan dan pemahaman akan Alzheimer pada semua orang. “Dan semoga juga membawa pencerahan baru kepada para pendengar musik saya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *